Friday 23 November 2012

Sedikit Mengenal Sultan Inal



Komplek sultan Inal merupakan salah satu peninggalan bersejarah di mesir yang masih tampak  kokoh nan indah hingga saat ini.  Terletak di jalan sultan ahmad beberapa meter dari jalan Al-azhar.

Komplek yang dibangun pada tahun 1451-1456 ini Mulanya  hanyalah pemakaman indah yang dibangun oleh sultan inal saat masih menjabat sebagai amir, kemudian setelah menjadi sultan, dibangun sebuah khanqah,  madrasah, masjid, sabil kutab dan juga zawiya disekeliling makam.

Bangunan ini dipenuhi ukiran-ukiran menarik dari marmer, akan tetapi hanya tersisa sedikit pada saat ini, adanya menara dan kubah semakin mempercantik komplek ini dan kubahnya terbuat dari batu yang di hiasi dengan ukiran berpola zigzag.
Disudut komplek ini terdapat makam sultan inal beserta istri dan dua anaknya ahmad dan Muhammad.

saifuddin abu nasor inal bin Abdullah al’alai adhohiri annasiri awalnya adalah budak yang dibeli oleh seorang pedagang yang bernama Ala’addin, kemudian ia di jual kepada sultan Ad-dhahir Barquq, pendiri dinasti mamluk Burji pada tahun 1397. inal menjadi prajurit selama menjadi pelayan sultan barquq.

Setelah kematian sultan barquq, naiklah anaknya sultan an-nasr farag yang menggantiknya, dan ketika itu sultan inal dibebaskan dan derajatnya disamakan dengan keturunan sirkasia yang lainya.

Karir sultan inal terus melejit melalui jajaran militer hingga pada tahun 1428 ia di angkat menjadi gubernur di daerah gaza pada masa sultan al-asraf barsbay, sultan inalpun dipuji-puji karena menjadi gubernur yang adil saat berkuasa.

Pada tahun 1445 dibawah sultan addhohir jaqmaq, inal diangkat menjadi komandan militer.

inal menjadi sultan menggantikan sultan Mansur usman anak dari sultan addhohir jaqmaq yang tidak diakui oleh rakyat sebagai sultan pada tahun 1453.
 selama pemerintahannya, sultan inal banyak membeli budak untuk dijadikan prajurit, dan membangun dan memperbaiki prasarana umum seperti perluasan jalan.

Sultan inal wafat disebabkan wabah penyakit yang menyerang mesir  pada tahun 1461 dan ia berkuasa selama 7 tahun 11 bulan.

0 comments:

Post a Comment


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India